Memahami Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Penulisan tanggal menggunakan bahasa inggris merupakan suatu dasar keilmuan yang harus dipahami dan dikuasai. Hal tersebut karena dalam penulisan surat seperti personal letter. Format letter seta surat undangan dalam bahasa inggris tentunya menggunakan tanggal. Berikut adalah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang sesuai ketentuannya.

Pentingnya Memahami Langkah Menulis Tanggal Bahasa Inggris

Memahami cara menulis tanggal dalam bahasa inggris memang dianggap sangat penting terutama ketika hendak membuat janji terkait pertemuan bersama dengan teman, kolega, dokter atau lainnya. Hal yang perlu dipahami dan diperhatikan bahwa penulisan tanggal dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia memiliki beberapa perbedaan yang signifikan.

Ketika menggunakan bahasa Indonesia, Anda hanya perlu menyebutkan hari, tanggal, bulan dan juga tahun. Namun dalam bahasa Inggris penulisannya tidak seperti itu. Mengucapkan dan menulis tanggal adalah salah satu hal yang wajib diketahui saat belajar bahasa Inggris. Ini terutama jika Anda sering menulis artikel atau jurnal yang perlu menambahkan tanggal.

Dalam literatur bahasa Inggris, pengucapan dan ejaan tanggal sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk menulis tanggal dalam bahasa inggris. Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menulis hari terlebih dahulu kemudian bulan atau menuliskan bulan dahulu dengan aturan dan ketentuannya.

Anda juga dapat menggunakan huruf atau angka yang diakhiri dengan angka multi-digit atau bertingkat seperti st, nd, rd atau th saat memasukkan format tanggal memakai bahasa Inggris. Ada lagi perbedaan ejaan yang perlu dipahami tergantung pada referensi bahasa Inggris mana yang sedang digunakan, baik itu dengan Inggris  british atau Amerika.

Untuk bisa memahami cara penulisan yang benar maka anda perlu mengetahui gaya ejaan amerika dan british. Selain itu, ada kontrol format jika ingin memasukkan nama tanggal dan bulan. Pertama-tama Anda perlu memahami tiga hal, yaitu cara menulis angka, bulan, dan hari. Angka yang akan dimasukkan pada tanggal harus berupa angka urut atau angka bertingkat.

Cara Penulisan Tanggal Bahasa Inggris

Agar tidak semakin bingung, akan lebih baik jika langsung mempelajari bagaimana cara penulisannya. Contoh penulisan tanggal yang benar dalam bahasa Inggris yaitu seperti 12th of May, 2023. Dalam contoh tersebut diketahui bahwa penulisan tanggal diawali dengan angka yang diikuti angka bertingkat th sehingga menjadi 12 th sesuai aturan angka tingkat.

Kemudian anda tuliskan nama bulannya dengan preposisi of sebelum anda menuliskan nama bulannya. Sertakan koma setelah bulan dan kemudian tambahkan tahun. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menulis tanggal yaitu hanya dengan menggunakan angka. Bentuk penulisan tanggal paling umum yang bisa dibuat yaitu diantaranya seperti 12-02-23 atau 12/05/23.

Amun terdapat sesuatu yang harus diperhatikan ketika menuliskan tanggal dengan menggunakan angka seperti contoh yang dijelaskan diatas. Hal tersebut karena bahasa inggris memiliki 2 tipe penulisan yaitu berdasarkan Bahasa inggris british dan Amerika.  Keduanya memiliki aturan yang berbeda dalam penulisan serta pengejaan tulisan tanggal dengan angka.

12-05-23 atau 12/05/23 ketika dieja menggunakan bahasa inggris british maka akan bermakna tanggal 12 bulan 5 tahun 202. Hal tersebut karena dalam penulisan bahasa inggris british, penulisan tanggal diawali dengan tanggal dan kemudian diikuti oleh bulan serta tahun. Hal ini akan sangat berbeda ketika anda membacanya dengan menggunakan bahasa inggris Amerika.

Tulisan tersebut justru bisa dieja sebagai tanggal 5 bulan desember 2023. Perbedaan tersebut karena dalam inggris amerika, penulisan bulan ditulis lebih awal dan kemudian diikuti tanggal serta tahun. Oleh karena itu, Anda perlu berhati hati dalam menuliskan tanggal. Akan lebih aman jika Anda memilih menuliskan tanggal dengan mengeja bulan dengan singkatan.

Contoh yang bisa digunakan yaitu seperti 12 Mei 2023 atau The Twelfth Mei 2023. Penggunaan seperti ini akan dianggap lebih aman dibandingkan dengan penggunaan angka saja. Agar tidak salah dalam penulisannya maka anda perlu mengetahui angka bertingkat dalam bahasa inggris. Berikut adalah keterangan terkait dengan angka bertingkat.

Mengenal Bilangan Bertingkat dalam Bahasa Inggris

1          = St                                          21        = st

2          = nd                                         22        = nd

3          = rd                                          23        = rd

4 – 20 = th                                          24-30   = th

Cara Membaca Bilangan Bertingkat

1 = 1st = The First

16 = 16th = The Sixteenth

2 = 2nd = The Second

17 = 17th = The seventeenth

3 = 3rd = the Third

18 = 18th = The Eighteenth

4 = 4th = The Fourth

19 = 19th = The Nineteenth

5 = 5th = The Fifth

20 = 20th = The Twentieth

6 = 6th = The Sixth

21 = 21st = The Twenty First

7 = 7th = The Seventh

22 = 22nd = The Twenty Second

8 = 8th =The Eighth

23 = 23nd = The Twenty Third

9 = 9th = The Ninth

24 = 24th = The Twenty fourth

10 = 10th = The Tenth

25 = 25th = The Twenty Fifth

11 = 11th = The Eleventh

26 = 26th = The Twenty Sixth

12 = 12th = The Twelfth

27 = 27th = The Twenty Seventh

13 = 13th = The Thirteenth

28 = 28th = The Twenty Eighth

14 = 14th = The Fourteenth

29 = 29th = The Twenty Ninth

15 = 15th = The Fifteenth

30 = 30th = The Thirtieth

 

Cara Penulisan Singkatan Bulan pada Tanggal

January    = Jan

July              = Jul

February  = Feb

August        = Aug

March      = Mar

September = Sep

April         = Apr

October      = Oct

May          = May

November  = Nov

June         = Jun

December  = Dec

 

Cara Penulisan Singkatan Hari

Monday        = Mon

Friday        = Fri

Tuesday        = Tue

Saturday   = Sat

Wednesday  = Wed

Sunday      = Sun

Thursday      = Thurs

 

Beberapa Contoh Penulisan American Style

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat perbedaan antara penulisan tanggal dengan menggunakan bahasa inggris british dan Amerika. Berikut adalah contoh penulisan tanggal ketika memilih menggunakan bahasa inggris Amerika :

May 12th, 2023

Friday, May 12th 2023

05/12/2023

05/12/2023

Beberapa Contoh Penulisan British Style

12th May 2023

Friday, 12th May 2023

The 12th May of 2023

12/05/23

Format yang digunakan dalam penulisan British ini diawali dengan tanggal, bulan dan kemudian tahun. Memahami cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris memang perlu dipahami dan dikuasai. Simak dan perhatikan perbedaan pada penulisan tanggal dalam bahasa inggris Amerika dan British.

Itulah cara yang bisa diterapkan dalam penulisan tanggal menggunakan bahasa inggris. Mempelajari bahasa inggris akan terasa lebih mudah dan menyenangkan ketika anda memahami teknik dasarnya. Agar bisa lebih mudah dalam menyerap dasar dasar bahasa inggris maka anda bisa mengunjungi situs visitpare yang memberikan edukasi bahasa inggris.