Perlu Diketahui! Cara Mengatasi Kesulitan Memahami Listening Comprehension

Beberapa orang yang belajar bahasa Inggris merasa kesulitan dalam memahami listening comprehension. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mengatasi kesulitan memahami listening comprehension. Di bawah ini adalah tips dan trik untuk membantu Anda mengatasi masalah kesulitan listening comprehension.

Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan

  1. Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Selain seru, menonton film dapat menjadi cara untuk belajar listening bahasa Inggris. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengganti subtitle bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Cara ini akan membantu Anda untuk mendengar dan sekaligus membaca kata-kata yang diucapkan, sehingga mempermudah proses mengingat kata-kata tersebut.

Apabila Anda sudah lebih mahir, cobalah untuk menonton film tanpa menggunakan subtitle sama sekali. Anda dapat mengandalkan kemampuan listening yang telah Anda kembangkan. Dengan cara ini, Anda dapat lebih fokus dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dan semakin lama akan semakin terbiasa mendengarkan bahasa Inggris.

  1. Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Mendengarkan podcast berbahasa Inggris merupakan salah satu cara mengatasi kesulitan memahami listening comprehension. Dengan mendengarkan podcast berbahasa inggris, Anda dapat belajar dengan lebih fleksibel karena bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Tersedia banyak pilihan podcast berbahasa Inggris yang tersebar saat ini, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kesukaan Anda. Selain itu, belajar melalui podcast juga akan meningkatkan kepekaan Anda terhadap audio berbahasa Inggris. Anda akan semakin terbiasa mendengarkan percakapan atau orang berbicara dalam bahasa Inggris.

  1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Menikmati lagu-lagu berbahasa Inggris adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan listening comprehension. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan listening, memperluas kosakata, dan memahami makna kata. Pilihlah lagu yang memiliki lirik yang jelas, dengarkan berulang-ulang, dan baca lirik sambil mendengarkan.

Meningkatkan Kemampuan Kosakata

Cara mengatasi kesulitan memahami listening comprehension selanjutnya adalah dengan meningkatkan kosakata Anda. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dalam listening comprehension. Ketika Anda belajar bahasa Inggris melalui film, video, atau podcast, kemungkinan Anda akan menemui kata-kata asing yang tidak Anda pahami artinya.

Pastikan untuk mencatat setiap kata asing yang kurang familiar. Setelah mencatat, jangan lupa untuk mencari arti dan makna kata-kata tersebut dalam kamus. Dengan cara ini, Anda akan semakin mengenali berbagai kosakata dalam bahasa Inggris dan memperkaya pengetahuan Anda.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan kemampuan kosakata dengan memilih jenis teks dalam bahasa Inggris. Anda dapat melakukannya dengan membaca buku atau artikel dalam bahasa Inggris, serta menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris. Cara-cara tersebut akan sangat membantu Anda menguasai kosakata bahasa Inggris dengan lebih baik.

Meningkatkan Kemampuan Pengucapan

Cara mengatasi kesulitan memahami listening comprehension terakhir yaitu dengan meningkatkan kemampuan pengucapan. Kemampuan pengucapan yang baik dapat membantu pemahaman listening comprehension dengan lebih baik juga. Anda dapat berlatih berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman atau guru.

Pastikan Anda mendengarkan dengan seksama dan mengambil poin penting dari setiap percakapan. Jika lingkungan di sekitar Anda memiliki native speaker, akan lebih baik karena Anda dapat mendengar bahasa Inggris langsung dari penutur asli. Hal ini pasti akan membantu meningkatkan kemampuan listening comprehension Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan listening comprehension. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda agar berlatih listening menjadi lebih mudah. Jangan lupa untuk sering berlatih percakapan agar apa yang Anda pelajari dapat diterapkan dengan baik!